DISINI JUAL KURMA AJWA ASLI DARI MADINAH

PESAN LANGSUNG:

CALL/SMS/WA: 081284264352

PIN BB: D0582CE8

Menu

10 Manfaat Daun Katuk Yang Wajib Anda Ketahui

July 17, 2016 | Daun Obat

Kurmanabi.com – Nama lain dari daun katuk adalah sauropus androgynus. Tanaman ini sudah terkenal di seluruh penjuru dunia dengan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Di Indonesia, tanaman ini mudah ditemukan pada daerah pedesaan sebagai tanaman pagar dan lain-lain.

Manfaat daun katuk

Tanaman ini terkenal dengan salah satu manfaatnya yaitu untuk melancarkan ASI pada ibu yang sedang menyusui. Selain itu, daun katuk juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang manfaat daun katuk, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu tentang kandungan dari daun kaya manfaat ini. Berikut adalah penjelasannya.

Baca juga: 10 manfaat daun jambu biji

Kandungan Gizi dalam Daun Katuk

Daun katuk mengandung banyak gizi yang baik untuk tubuh sehingga tak salah jika Anda menggunakan daun katuk sebagai solusi kesehatan Ada. Kandungan yang terdapat pada daun katuk adalah protein, zat besi, fosfor, vitamin A, B, C, lemak, serta kalsium.

Kandungan vitamin C pada daun katuk terbukti sangat tinggi dan melebihi kadar vitamin C yang terdapat pada buah jeruk dan jambu merah. Selain itu, daun katuk juga mengandung efedrin yang sangat baik untuk menjaga tubuh dari serangan virus influenza.

Ada juga kandungan steroid dan polifenol yang bisa membantu peningkatan hormon prolaktin. Hormon ini berperan penting dalam peningkatan produksi ASI. Sehingga daun katuk sangat baik dikonsumsi oleh wanita sejak hamil sebagai persiapan produksi Asi hingga saat masa menyusui.

Selain kandungan penting di atas, daun katuk juga memiliki kandungan klorofil yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan klorofil pada tanaman-tanaman lain. Klorofil yang tinggi bisa melindungi tubuh dari mikroorganisme yang jahat serta mencegah timbulnya berbagai penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Tingginya kandungan Vitamain A yag terdapat pada daun katuk sangat baik untuk kesehatan mata dan mencegah timbulnya gangguan pada mata.

  1. Memperbaiki kualitas stamina pria

Daun katuk mengandung zat aktif yang dapat meningkatkan vitalitas pria sehingga kualitasnya menjadi lebih baik.

  1. Mencegah Pengeroposan Tulang

Tulang yang keropos sering terjadi pada saat usia lanjut terutama pada kaum wanita. Untuk mengatasi penyakit ostoporosis atau pengeroposan tulang, Anda bisa mengonsumsi daun katuk karena kandungan kalsiumnya yang mencapai 2,8% pada daun katuk.

  1. Melancarkan Produksi ASI

Permasalah yang sering terjadi adalah ASI tidak dapat keluar. Sehingga membuat para orangtua merasa resah dan akhirnya memutuskan untuk memberikan susu formula pada putra-putrinya.

Asi merupakan nutrisi terbaik untuk tumbuh kembang anak. Sebaiknya Anda mempersiapkan produksi ASI sejak masa kehamilan. Salah satu kandungan zat gizi pada daunkatuk dipercaya dapat melancarkan produksi ASI.

  1. Sebagai Obat Flu

Daun katuk mengandung efedrin yang terbukti sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang virus terutama yang menyebabkan peyakit influenza.

  1. Melancarkan Proses Pencernaan

Kandungan serta yang cukup tinggi pada daun katuk berkhasiat pada sistem pencernaan tubuh, sehingga buang air besar menjadi lancar dan terhindar dari sembelit. Akan lebih baik apabila Anda juga rutin mengonsumsi makanan berserat tinggi lainnya.

  1. Melancarakan Metabolisme tubuh

Daun katuk juga mengandung protein yang tinggi. Kandungan protein pada daun katuk inilah yang sangat baik untuk melancarkan metabolisme di dalam tubuh Anda.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan senyawa eiksonoid dan hormon steroid berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh serta menambah stamina.

  1. Sebagai Obat untuk Kecantikan

Kandungan vitamin C yang tinggi pada daun katuk dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamain C terbukti dapat mencerahkan dan melembapkan kulit.

  1. Meningkatkan Kualitas Sperma

Selain meningkatkan stamina prima dalam aktivitas seksual, daun katuk juga terbukti dapat meningkatkan kualitas dari cairan semen pada pria.

Demikian secuplik penjelasan yang dapat kami berikan mengenai manfaat daun katuk pada kesehatan tubuh. Perlu diketahui bahwa mengonsumsi daun katuk adalah dengan cara memasak dengan durasi yang singkat agar kandungan gizinya tidak hilang.

Selain itu sangat disarankan untuk mencampur santan saat memasak daun katuk agar kinerja vitamin A pada daun katuk menjadi lebih maksimal. Semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat.

 

Related For 10 Manfaat Daun Katuk Yang Wajib Anda Ketahui