DISINI JUAL KURMA AJWA ASLI DARI MADINAH

PESAN LANGSUNG:

CALL/SMS/WA: 081284264352

PIN BB: D0582CE8

Menu

Kandungan & Manfaat Buah Kolang-kaling Untuk Kesehatan

August 3, 2016 | Buah Obat

Manfaat buah kolang kaling

Buah kolang-kaling sering disebut juga dengan buah atap. Buah ini merupakan cemilan khas yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kolang-kaling berbentuk bulat lonjong, berwarna putih, serta teksturnya kenyal. Tampilan unik ini membuat kolang-kaling terlihat sangat menarik. Apalagi kandungan airnya cukup banyak.

Buah kolang-kaling sangat mudah ditemui di pasar-pasar tradisional. Khususnya saat bulan Ramadhan atau puasa, pada bulan ini jumlahnya sangat banyak. Itu karena kolang-kaling memang menjadi menu berbuka puasa terfavorit bagi banyak orang.

Kandungan buah Kolang-kaling

Kadar air yang terkandung dalam kolang-kaling diketahui sangat tinggi, yakni mencapai angka 93%. Biji buah kolang-kaling juga mengandung protein sebesar 0,69 gr, dan karbohidrat mencapai 4 gr.

Buah kolang-kaling kaya akan besi, potassium, vitamin A,B, dan C, kalsium, dan juga gelatin.

Tekstur dan bentuk kolang-kaling membuat penampilannya terlihat unik, dan cocok digunakan sebagai pelengkap es campur. Selain lezat dan menarik, kolang-kaling ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut merupakan manfaat kolang-kaling bagi tubuh manusia.

Baca juga: Manfaat buah kersen

Manfaat Kolang-kaling bagi kesehatan

  1. Memperkuat tulang

Sebagian besar orang mengkonsumsi susu untuk memperkuat tulang karena mempunyai kandungan kalsium tinggi. Sehingga sangat bermanfaat bagi pertumbuhan terutama bagi anak-anak.

Memang benar susu dapat membantu pertumbuhan, namun susu tetap saja mempunyai resiko tinggi yakni kalori tinggi. Sehingga jika dikonsumsi berlebih juga tidak baik karena bisa menimbulkan kegemukan.

Sedangkan pada kolang-kaling setiap 100 gramnya mengandung 91 mg kalsium, jika dibandingkan dengan susu sapi, dalam 100 gr susu terkandung di dalamnya 125 mg kalsium.

Dengan demikian, mengkonsumsi kolang-kaling dapat dijadikan sebagai alternatif yang baik sebagai asupan kalsium selain susu.

  1. Sebagai makanan diet

Dari hasil penelitian para ahli, pada 100 gr kolang-kaling mengandung sampai 0,69 gr protein, kadar abu 1 gram, karbohidrat 4 gr, serta serat kasar sebanyak 0,95 gr. Untuk kadar air kolang-kaling tergolong sangat tinggi yakni mencapai 94% yang menyebabkan kolang-kaling sangat segar ketika dikonsumsi.

Pada buah kolang-kaling juga terdapat zat gelatin. Zat yang dimana jika seseorang mengkonsumsinya akan timbul rasa kenyang. Sehingga apabila sedang mengalami keadaan nafsu makan berlebih, anda tidak perlu khawatir karena kolang-kaling akan menghilangkan nafsu berlebih tersebut.

  1. Obat radang sendi

Zat galaktomanan yang terkandung dalam buah kolang-kaling berkhasiat dapat menyembuhkan atau minimal meredakan penyakit pada persendian. Jika pada masa pengobatan, anda dapat mengkonsumsi sekiranya 100 gram kolang-kaling setiap harinya.

Dalam kondisi ini, sebaiknya kolang-kaling direbus dulu tanpa ditambah zat adisi lain seperti gula maupun pewarna.

  1. Kaya Serat

Sejalan dengan kandungan air, kandungan serat pada buah kolang-kaling juga bisa dibilang cukup tinggi. Dimana serat merupakan zat yang berguna bagi kesehatan pencernaan. Dengan mengkonsumsi banyak serat, kita bisa terhindar dari penyakit pencernaan seperti, sembelit, susah BAB, bahkan diare.

Mengkonsumsi 5-10 biji buah kolang-kaling akan membantuĀ  anda memelihara kesehatan pencernaan.

  1. Obat gatal-gatal

Buah kolang-kaling memang terkenal memiliki sejuta khasiat. Namun, apakah hanya buah? Tidak! Getah kolang-kaling diketahui juga dapat digunakan untuk obat gatal-gatal bagi tubuh.

Namun, untuk melakukan iniĀ  harus dibimbing oleh orang yang sudah memiliki pengalaman di bidangnya.

  1. Mengatasi masalah perut

Rasa panas di dalam perut dapat diobati dengan mengkonsumsi buah kolang-kaling. Saat cuaca panas, minuman dengan bahan dasar kolang-kaling dapat membangkitkan tubuh dari dehidrasi dan menggantikan mineral yang hilang. Dengan begini, kolang-kaling cukup efektif dalam mengobati masalah pencernaan.

  1. Sebagai sumber energi

Kandungan karbohidrat yang diserap tubuh dari kolang kaling cukup berdampak baik, karena anda akan merasa cepat kenyang. Dengan demikian energi akan bertambah dan siap untuk kembali beraktivitas.

Untuk merasakan banyak khasiat dari kolang kaling, tentunya anda harus pandai-pandai mengolahnya. Selain untuk mengoptimalkan manfaat, juga agar kolang kaling dapat dinikmati dengan rasa yang lebih nikmat. Seperti dimakan bersama es buah, es cream, dan lain-lain. Karena jika anda memakan kolang-kaling tanpa diolah terlebih dahulu, maka rasanya akan menjadi hambar.

Sekian penjelasan mengenai manfaat buah kolang kaling, semoga bermanfaat.

Related For Kandungan & Manfaat Buah Kolang-kaling Untuk Kesehatan