DISINI JUAL KURMA AJWA ASLI DARI MADINAH

PESAN LANGSUNG:

CALL/SMS/WA: 081284264352

PIN BB: D0582CE8

Menu

Kandungan & Manfaat Buah Dewandaru Untuk Kesehatan

August 1, 2016 | Buah Obat

Manfaat buah dewandaru

Tanaman dewandaru merupakan anggota keluarga Myrtaceae dan berasal dari pantai timur Amerika Selatan. Tanaman yang berkerabat  dengan jambu air ini umumnya digunakan untuk tanaman pagar.

Buah Dewandaru yang memiliki nama lain buah Ciremai Londo ini memiliki khasiat yang cukup besar walaupun secara ukuran buah ini tergolong kecil. Tidak tanggung-tanggung, buah ini dapat mencegah kerusakan oksidatif akibat dari proses radikal bebas yang sulit diatasi oleh antioksidan yang ada di dalam tubuh manusia.

Apa itu radikal bebas? Radikal bebas merupakan senyawa elektron yang tidak mempunyai pasangan pada orbital paling luarnya sehingga hal ini yang membuat sifatnya dekstruktif dan tidak stabil. Selain mencegah radikal bebas, buah mungil nan imut ini juga terbukti bisa mencegah kanker ataupun tumor.

Untuk mencegah radikal bebas, perlu manfaat antioksidan yang bisa didapat dengan cara rutin mengkonsumsi  sayur dan buah-buahan yang mengandung antioksidan yang berdampak positif bagi tubuh.

Sebelum mengenal lebih jauh tentang manfaat dewandaru, mari simak kandungan kimia yang terdapat pada buah dewandaru dibawah ini.

Baca juga ya: Manfaat buah ciplukan

Kandungan kimia buah Dewandaru

Dewandaru memiliki kandungan senyawa fenolik dan flavonoid. Monoterpenes (75,3%) merupakan kandungan volatil tertinggi yang ada di dalam buah dewandaru. Senyawa lain diantaranya yaitu cisocimene (13,4%), trans-beta-ocimene (36,2%), dan juga beta-pinene (10,3%). Dalam ekstrak volatil buah juga ditemukan kandungan terapeutik seperti selina-1,3,7(11)-trien-8-one. Hal ini memungkinkan buah memiliki manfaat terapeutik layaknya ekstrak daun.

Manfaat buah Dewandaru

  1. Antioksidan

Senyawa karotenoid yang  dikandung buah kecil ini sangat bermanfaat sebagai antioksidan. Zat antioksidan dalam buah ini digunakan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang masuk. Zat ini tidak hanya ditemukan pada bagian buahnya saja, melainkan dapat ditemukan di daunnya pula.

Lingkungan yang kita tinggali saat ini penuh dengan asap kendaraan, asap rokok, serta limbah udara pabrik yang dapat mengakibatkan terbentuknya radikal bebas dan tentu menurunnya daya tahan tubuh.

  1. Sebagai Antibakteri

Tidak hanya buah dan daun, biji buah Dewandaru ini juga memiliki khasiat untuk mengobati penyakit seperti diare. Diungkapkan oleh para peneliti bahwa, protein yang terkandung pada biji buah ini dapat digunakan sebagai anti kuman yang bisa menghambat kuman penyebab diare.

  1. Pereda Rasa Sakit

Selain untuk antioksidan, daun buah Dewa Ndaru ini juga memiliki fungsi lain yakni sebagai obat rematik. Kandungan minyak atsiri dalam daun dewa ndaru bisa bekerja sebagai penghilang rasa sakit seperti nyeri pada sendi, rematik, dan lain sebagainya. Sayangnya belum banyak yang mengetahui akan manfaat yang satu ini.

  1. Tekanan darah

Daun dan buah dewa ndaru ini juga dapat digunakan untuk mengurangi tekanan darah serta meningkatkan kualitas astringent. Selain itu daun dewa ndaru juga bisa dimanfaatkan sebagai penurun kolesterol dan metabolism lipid yang  digunakan akibat efek proteksi.

  1. Mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang dianggap menakutkan di kalangan masyarakat. Oleh sebab itu banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari penanganan kanker tak terkecuali terhadap buah dewa ndaru ini. Dari hasil serangkaian penelitian yang telah dilakukan, terbukti memang dewa ndaru dapat digunakan untuk obat kanker.

Namun penelitian sebagai obat kanker pada buah ini masih terus dilakukan hingga sekarang guna memantapkan fakta yang ada bahwa dewa ndaru memang dapat digunakan sebagai alternatif obat anti kanker.

  1. Aksesoris

Nampaknya dewa ndaru memang patut dijuluki buah sejuta manfaat. Bagaimana tidak, selain daun dan buah, kayunya pun juga dapat dimanfaatkan. Yaitu diolah menjadi aksesoris seperti cincin, kalung, tasbih dan gelang. Tentunya juga dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi orang yang berniat menekuninya.

Umumnya mengkonsumsi buah ini dapat mempertahankan kesehatan karena tubuh mendapatkan asupan senyawa secara bertahap. Dewa ndaru juga dapat dimanfaatkan sebagai pencegah osteoporosis, tumor, serta kerusakan pembuluh darah.

Pengembangan tanaman dewa ndaru ini sangat berguna mengingat khasiat yang diperoleh sangatlah besar. Apalagi tanaman ini dapat tumbuh di berbagai wilayah di Indonesia. Harapannya pengembangan dewa ndaru dapat ditingkatkan kedepannya. Demikian beberapa manfaat dari buah dewa ndaru semoga berguna dan bermanfaat.

Related For Kandungan & Manfaat Buah Dewandaru Untuk Kesehatan