DISINI JUAL KURMA AJWA ASLI DARI MADINAH

PESAN LANGSUNG:

CALL/SMS/WA: 081284264352

PIN BB: D0582CE8

Menu

Inilah Manfaat Buah Bintaro Yang Belum Banyak Di ketahui

July 30, 2016 | Buah Obat

Manfaat buah bintaro

Buah bintaro memiliki kandungan minyak yang akan semakin banyak jika buah tersebut semakin kering. Minyak dari buah bintaro sendiri, bisa dijadikan sebagai bahan bakar alternatif dengan pengolahan yang tepat.

Ingin tahu manfaat apa yang terkandung dalam buah Bintaro? Silahkan disimak ulasan lengkapnya berikut ini

Baca juga ya: Manfaat Buah Pinang Muda

  1. Untuk mengusir tikus

Buah bintaro adalah buah yang bisa digunakan sebagai bahan pengusir tikus. Hal ini dikarenakan, buah bintaro mengandung racun yang bernama cerberin dan mampu merusak syaraf pusat otak tikus. Tikus merupakan hewan dengan penciuman yang tajam, yang akan segera menjauh saat mencium adanya bintaro di sekitarnya.

Untuk menjadikan buah bintaro sebagai pengusir tikus, anda bisa meletakkannya di area yang biasa dilalui oleh hewan pengerat satu ini. Dengan demikian, anda tidak perlu khawatir lagi ada gangguan tikus.

  1. Sebagai bahan bakar alternatif

Selain digunakan untuk mengusir tikus, buah bintaro juga bisa digunakan sebagai bahan bakar alternatif. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Faperta IPB, buah ini memiliki kandungan yang bisa digunakan sebagai bahan bakar.

Setelah dilakukan uji toksidasi, minyak dari buah bintaro memiliki keunggulan dibandingkan dengan bahan bakar pada umumnya karena memiliki asap, bau, dan residu yang tergolong aman.

  1. Minyak tanah

Dibandingkan dengan minyak dari biji jarak, biji dari buah bintaro mempunyai kadar minyak yang tinggi. Untuk mengolah biji bintaro menjadi minyak tanah, dilakukan melalui beberapa tahapan. Untuk 1,8 kg biji bintaro yang telah kering, minyak yang dihasilkan bisa mencapai 1 kg.

Minyak dari buah bintaro, juga bisa digunakan untuk mengganti minyak tanah pada kompor. Cara mengolah biji bintaro sebagai pengganti minyak juga cukup mudah dilakukan. Tertarik ingin mencoba membuat minyak dari buah bintaro? Ikuti langkahnya yang berikut ini.

– Keringkan terlebih dahulu biji bintaro. Agar keringnya maksimal, anda bisa melakukannya di bawah sinar matahari

– Selanjutnya giling atau bisa pula ditumbuk, biji bintaro yang sudah dikeringkan tersebut

– Agar minyak keluar, lakukan pengrepesan

– Hilangkan kotoran dengan cara menyaring minyak yang keluar

– Jika kotoran susah untuk dihilangkan, anda bisa membersihkannya dengan cara mendiamkan terlebih dahulu satu hingga dua malam hingga kotoran yang ada mengendap

-. Minyak sudah bisa digunakan

  1. Racun untuk anak panah

Di negara tertentu seperti halnya india, racun dari buah bintaro, umumnya digunakan sebagai salah satu cara untuk melakukan bunuh diri. Sementara di suku Banjar atau Dayak, racun dari buah ini bisa digunakan untuk olesan agar senjata tajam yang mereka gunakan, seperti anak panah, mampu membunuh hewan buruan dengan mudah.

  1. Bahan pembuatan papan partikel

Buah bintaro ternyata bisa pula digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan papan partikel. Buah yang satu ini mengandung serat yang memiliki kandungan antara lain adalah holoselulosa, selulosa, lignin juga ekstraktif.

Kandungan dari buah bintaro yang berupa lignoselulosa, memungkinkan buah ini menjadi bahan baku dari pembuatan papa kayu partikel.

  1. Bahan baku pembuatan lilin

Buah bintaro bisa digunakan sebagai bahan pembuatan lilin. Lilin sendiri merupakan salah satu alat yang umum digunakan sebagai penerangan ketika listrik tengah padam. Belakangan, diketahui jika minyak yang dihasilkan dari bintaro cukup banyak sehingga bisa digunakan sebagai bahan penghasil lilin yang baik.

  1. Sebagai bahan baku deodoran

Keringat merupakan salah satu penyebab datangnya bau badan tak sedap. Terutama di bagian keringat, yang namanya produksi keringat akan semakin banyak ketika kita secara aktif bergerak. Penggunaan deodoran, mampu menghindarkan atau setidaknya mengurangi terjadinya bau badan tak sedap tersebut.

Buah bintaro, ternyata bisa digunakan sebagai bahan pembuatan deodoran. Hal ini juga telah dibuktikan melalui beberapa penelitian.

Buah bintaro merupakan salah satu jenis buah yang tidak bisa dimakan. Hal ini dikarenakan, buah yang satu ini mengandung racun yang bernama cebenim yang mampu menghambat saluran ion kalsium pada otot jantung manusia. Alhasil, racun ini mampu mengganggu detak jantung dalam tubuh dan berakhir dengan kematian.

Selain buahnya, kayu dari tanaman bintaro juga bisa menyebarkan racun saat dibakar. Pembakaran yang dilakukan, dapat memicu asap yang berperan sebagai media penyebaran dari racun tanaman ini.

Related For Inilah Manfaat Buah Bintaro Yang Belum Banyak Di ketahui