DISINI JUAL KURMA AJWA ASLI DARI MADINAH

PESAN LANGSUNG:

CALL/SMS/WA: 081284264352

PIN BB: D0582CE8

Menu

Kandungan Gizi Buah Kurma Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

October 4, 2015 | kurma

Kandungan Buah Kurma ajwaKurma merupakan salah satu buah yang sering kita temui di bulan suci Ramadhan. Biasanya, buah kurma kerap dijadikan teman berbuka puasa atau penutup setelah sahur. Selain itu, buah kurma juga dijadikan buah tangan bagi mereka yang baru melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. Buah ini juga memiliki jenis yang banyak dengan range harga berbeda, Ada yang termahal seprti kurma ajwa atau kurma nabi, dan ada juga kurma yang tidak mahal seperti seprti kurma mesir atau kurma tunisia. Anda dapat dengan mudah membelinya di pasar tradisional hingga supermarket besar.

Di balik bentuknya yang mungil, ternyata buah kurma mengandung gizi yang banyak. Apa saja kandungan gizi yang terdapat dalam buah ini? Di bawah ini ada daftar yang dapat Anda simak.

1. Energi dan Gula

Karena rasa manisnya, banyak yang mengira jika kurma dapat meningkatkan kadar gula darah. Kadar gula dalam kurma sendiri berasal dari fruktosa dan glukosa. Namun, Anda tidak perlu cemas, sebab gula tersebut sehat, diolah secara alami dari kurma, dan jauh dari sentuhan obat kimia. Tidak heran jika kurma menjadi santapan di bulan puasa, sebab kandungan gulanya dapat menjadi sumber energi yang diserap tubuh dan membuat tubuh kita kenyang lebih lama. Kurma juga aman dikonsumsi bagi mereka yang sedang melakukan program diet, sebab gulanya tidak akan membuat Anda gemuk.

2. Vitamin

Kurma ternyata kaya akan vitamin. Beberapa di antaranya adalah vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (pantotenat), vitamin C, dan vitamin E. Dengan jumlah vitamin sebanyak itu, satu butir kurma telah menawarkan tubuh Anda untuk menjaga mata dari kekeringan dan penyakit, hingga membuat sistem saraf Anda relaks, melindungi jantung, serta memberikan ketenangan pada pikiran Anda.

3. Serat

Menurut Lembaga Kanker Amerika, konsumsi kurma sebanyak 20 sampai 30 gram sehari sangat dianjurkan, karena buah ini memiliki serat pangan yang amat baik. Kandungan serat pangan tak larut dalam kurma berperan penting untuk menurunkan proses singgah feses (kotoran) pada usus dengan meningkatkan volumenya supaya mudah dikeluarkan. Selain itu, serat pangan tak larut juga berperan dalam mengontrol kadar gula darah, sehingga aman dikonsumsi oleh penderia diabetes.

4. Salisilat

Salisilat merupakan bahan baku obat untuk menghilangkan rasa sakit dan demam (seperti dalam aspirin). Nyatanya, kurma juga dapat menjadi obat karena mengandung salisilat dosis rendah. Jika Anda mengonsumsi kurma secara terus-menerus, diharapkan rasa pening yang mendera kepala atau demam yang menyerang tubuh akan hilang. Buah ini juga memiliki zat seperti potuchsin yang dapat mencegah pendarahan dalam rahim dengan mengecilkan pembuluh darahnya. Kurma juga memiliki fenol dan karoten yang berperan sebagai antioksida.

5. Mineral

Dengan mengonsumsi kurma sebanya lima buah per hari, Anda akan memperoleh kalium sebanyak 400 mg untuk terhindar dari serangan stroke. Selain kalium, kurma juga memiliki kandungan mineral lainnya seperti besi, mangan, tembaga, fosfor, kalsium, dan magnesium. Dengan mineral sebanyak itu, kurma dapat melindungi pembuluh darah Anda dari kerusakan. Sedangkan fungsi lainnya adalah mengontrol detak jantung, mengaktifkan tegangan otot, menjaga sistem saraf, hingga mengatur metabolisme tubuh Anda.

Itulah lima kandungan gizi yang terdapat dalam kurma. Untuk hasil yang lebih memuaskan, imbangi konsumsi buah ini dengan gaya hidup sehat. Misalnya dengan olahraga dan atur jam tidur Anda untuk membuat tubuh menjadi bugar. Konsumsi juga sumber-sumber gizi lainnya sebagai variasi menu. Semoga informasi ini bermanfaat!

Related For Kandungan Gizi Buah Kurma Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh